Beranda Eksekutif Kota Tangsel Punya Empat Rumah Sakit Ikuti Program “Health Tourism”

Kota Tangsel Punya Empat Rumah Sakit Ikuti Program “Health Tourism”

91
0
Health Tourism
Foto: Kepala Dinkes Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar.

siarnitas.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Allin Hendalin Mahdaniar menyebut Kota Tangsel telah mempunyai empat Rumah Sakit yang mengikuti program “Health Tourism”.

“Health Tourism ini adalah program dari Kemenkes di Tangsel sendiri sudah ada RS yang ikut program ini,” kata Allin kepada redaksi siarnitas.id di Puspemkot Tangsel, ditulis pada Rabu (28/2/2024).

Diketahui, program Health Tourism yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu harus adanya persyaratan dan ketentuan bagi yang mengikuti program tersebut.

“Jadi Rumah Sakit yang ikuti program Health Tourism ini adalah syarat dan ketentuan berlaku, mereka harus terakreditasi kemudian juga harus kelas B,

Namun, saat ini Kota Tangsel hanya mempunyai empat Rumah Sakit yang sudah mempunyai syarat dan ketentuan dalam mengikuti program tersebut.

Baca Juga : Health Tourism Bakal Hadir di Tangsel, Benyamin: Menjadi Kota Pariwisata

“Di Tangsel sendiri kondisi saat ini kelas B ada Eka Hospital BSD, Premier Bintaro, Columbia Asia BSD, EMC Alam Sutera. Ada empat yang kelas B, jadi hanya empat Rumah Sakit ini yang boleh ikut program Health Tourism,” jelasnya.

Akan tetapi, program Health Tourism tersebut yang sudah berjalan hanya dua Rumah Sakit, yakni Eka Hospital BSD dan Premier Bintaro.

“Kemudian yang sudah berjalan adalah Rumah Sakit Eka Hospital BSD sebagai pilot yang dituju oleh Kemenkes kemudian Premiere Bintaro ini yang sudah berjalan dua RS ini,” ungkapnya.

Dirinya mengakui bahwa Rumah Sakit milik Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel masih kelas C, sehingga belum bisa mengikuti program Health Tourism.

“Mereka ini akreditasinya harus Paripurna, kemudian kelasnya B, kalau rumah sakit kita kan masih kelas C jadi belum bisa mengikuti program itu,” tandasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini