Beranda Eksekutif Kemenkeu Buka Beasiswa LPDP Untuk 3.256 Mahasiswa Ditahun 2023

Kemenkeu Buka Beasiswa LPDP Untuk 3.256 Mahasiswa Ditahun 2023

285
0
Beasiswa lpdp
Ilustrasi beasiswa

siarnitas.id – Kementerian Keuangan akan membuka beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) untuk 3.256 mahasiswa di tahun 2023.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Isa Rachmatarwata dalam Rapat Banggar DPR RI, Selasa (20/9).

Baca Juga : Beasiswa Pendidikan PPDB SMP Swasta di Tangsel Dibuka, Ini Syaratnya

“Untuk LPDP diharapkan ada pemberian beasiswa baru kepada 3.256 mahasiswa (di 2023). Sementara untuk 7.047 mahasiswa yang sudah menerima (beasiswa LPDP) saat ini dapat kami pertahankan kontinuitas beasiswanya,” ungkap Isa.

Isa menjelaskan anggaran beasiswa tersebut masuk ke dalam anggaran pendidikan yang diusulkan dalam RAPBN 2023 senilai Rp 608,3 triliun. Jika dirinci, anggaran itu mencakup belanja pemerintah pusat sebesar Rp 223,9 triliun, transfer ke daerah (TKD) Rp 305 triliun, dan pembiayaan sebesar Rp 69,5 triliun.

Kemenkeu juga mengalokasikan anggaran untuk program bidikmisi atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah kepada 976.800 mahasiswa. Lalu untuk Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 20,1 juta siswa.

“Selain itu, juga untuk bantuan operasional sekolah (BOS), terutama di Kemenag (Kementerian Agama), kami berharap bisa memberikan manfaat bagi 8,8 juta siswa,” jelas Isa.

Baca Juga : Ombudsman Temukan Tiga Modus Kecurangan Pada PPDB Banten

Lebih lanjut, alokasi anggaran pendidikan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Mengingat, beberapa indikator seperti tingkat interaksi manusia dan komputer atau human computer interaction (HCI) yang masih di bawah rata-rata negara ASEAN.

“Partisipasi pada PAUD dan perguruan tinggi yang masih tergolong rendah, serta tingginya tingkat pengangguran lulusan pendidikan vokasi,” pungkas Isa.

Baca berita dan informasi lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini