Beranda Ragam Karang Taruna Kelurahan Setu Tangsel Panen Raya Ikan Lele

Karang Taruna Kelurahan Setu Tangsel Panen Raya Ikan Lele

294
0
Karang taruna Setu Tangsel
Karang Taruna Kelurahan Setu Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Setu menggelar panen raya ikan lele di Kawasan Terpadu Bang Tile Farm Kelurahan Setu

siarnitas.id – Karang Taruna Kelurahan Setu Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Setu menggelar panen raya ikan lele di Kawasan Terpadu Bang Tile Farm Kelurahan Setu, Tangsel, Jumat (20/1/2023).

Ketua Karang Taruna Kelurahan Setu Tangsel, Ade Aulia Rahman mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena pasar yang sangat luas dan potensi kedepan dengan peluang yang sangat besar, apalagi di jaman sekarang anak muda jarang sekali yang minat masalah perikanan.

Baca Juga : Karang Taruna Kota Tangsel Gelar Malam Inaugurasi HUT Ke-13, Fiqri: Terus Berkarya

Menurutnya, mempromosikan hasil dari budidaya ikan lele yang sudah dijalankan oleh Taruna Tani Setu yang didalam dikolaborasikan oleh Karang Taruna Kelurahan Setu dengan LPM kelurahan setu.

“Untuk mencetak taruna preneurship berbasis ketahanan pangan,” katanya.

Ia berharap panen raya ini bisa membawa banyak manfaat terutama warga sekitar dan lebih bisa mengembangkan apa yang telah dijalankan program dari pemerintah terkait.

“Dan menjadi bahan usulan pengembangan dan pengelolaan di bidang budidaya ikan air tawar khususnya di Taruna Tani Setu,” pungkas Ade.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Fiqri Yanuardi Putra mengatakan, bahwasanya memang saat ini agak sedikit berkurang kalangan generasi pemuda yang peduli ataupun cinta terhadap pertanian.

Baca Juga : Jumlah KK dalam Satu RT di Kelurahan Setu Tangsel Ratusan, Lurah: Warga Mengeluh Pemekaran

“Oleh karenanya, kalau bukan dari generasi kita Karang Taruna maupun LPM yang mengembangkan kegiatan seperti ini mungkin pertanian di wilayah Tangsel bisa berhenti dan selesai,” katanya.

Maka dari itu, Fiqri sangat mengapresiasi teman-teman Karang Taruna di kelurahan Setu ini yang menginisiasi kelompok Taruna Tani.

“Alhamdulillah berkat usulan teman-teman karang taruna diakomodir oleh Pemerintah Kota Tangsel melalui kelurahan sudah mendapatkan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan, namun tidak berhenti sampai disitu, artinya ketika pemerintah sudah memberikan fasilitas terhadap kita semua, bagaimana kita bisa menjalankan dan mengembangkan,” ungkapnya.

Ia membuktikan kalau Karang Taruna Kelurahan Setu ini melaksanakan kegiatan panen raya, tentunya ini menjadi PR baginya. Karena setelah panen raya lahan jangan sampai kosong dan terbengkalai.

“Bagaimana kita mensupport kembali agar kedepan kegiatan panen raya ini bisa berkembang. Karena sering kali saya juga menyaksikan ketika panen raya besar-besaran tapi setelah panen raya ternyata lahan-lahan sudah kosong dan dibiarkan terbengkalai pada akhirnya tidak diurus kembali,” imbuhnya.

Fiqri mengatakan, nantinya Pemerintah Kecamatan juga berkolaborasi dan bekerjasama dengan Karang Taruna di Kecamatan Setu agar kegiatan-kegiatan pemerintah ataupun kegiatan pemuda khususnya di Karang Taruna bisa menjadi kepanjangan tanganan dari program pemerintah.

“Karena salah satu organisasi yang memang diakui oleh pemerintah, begitupun juga karang taruna bisa mengadopsi menjalankan program yang memang sudah menjadi kebijakan pemerintah kota Tangsel,” tandasnya.

Baca Juga : Kecamatan Setu Gelar Kolaborasi Pesta Rakyat Dalam Rangka HUT Kota Tangsel ke-14

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah Setu Bapak Adi Musthofa, Camat Setu yang diwakili oleh Kasie Pemberdayaan Masyarakat Risdianto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, pertanian dan Perikanan yang diwakili oleh kepala Bidang Perikanan Aep Saripudin.

Selanjutnya, Ketua Karang Taruna Kota Tangerang Selatan Fiqri Yanuardi, Ketua Karang Taruna Kecamatan Setu Sarnadih dan Ketua Karang Taruna Kelurahan Kecamatan Setu.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini