Beranda Ragam Hari Perawat Internasional 2023: Our Nurses, Our Future

Hari Perawat Internasional 2023: Our Nurses, Our Future

178
0
Hari perawat internasional
Ilustrasi perawat

siarnitas.id – Setiap tahun pada tanggal 12 Mei diperingati sebagai Hari Perawat Internasional atau International Nurses Day. Tanggal 12 Mei dipilih bertepatan dengan Hari Kelahiran Florence Nightingale seorang perawat terkenal.

Hari Perawat Internasional ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran perawat dalam pelayanan kesehatan.

Hari Perawat Internasional ini telah dirayakan sejak tahun 1965. Namun, pada tahun 1974 International Council of Nurses (ICN) baru mendeklarasikan Hari Perawat Internasional pada 12 Mei.

Baca Juga : Dinkes Tangsel Catat 12 Laki-laki dan 24 Perempuan Korban Kecelakaan Bus di Guci Tegal

Tanggal 12 Mei merupakan hari kelahiran Florence Nightingale, seorang perawat terkenal pada masanya. Ia adalah seorang reformis sosial dan ahli statistik Inggris yang lahir pada tanggal 12 Mei 1820. Ia merupakan tokoh pendiri keperawatan modern.

Selama Perang Krimea, Florence Nightingale menjadi terkenal lantaran melatih manajer perawat, dimana dia merawat tentara yang terluka. Disaat itulah, dia memberikan pelayanan keperawatan yang sangat baik.

Selain itu, Florence Nightingale juga menjadi ikon budaya Victoria, terutama dalam persona “The Lady with the Lamp” yang berkeliling untuk mengobati para tentara yang terluka di malam hari.

Florence Nightingale meletakkan dasar keperawatan profesional dengan mendirikan sekolah keperawatannya di Rumah Sakit St Thomas di London Pada tahun 1860. Sekolah itu merupakan sekolah perawat sekuler pertama di dunia, sekarang menjadi bagian dari King’s College London.

Maka dari itu, sebagai pengakuan atas karyanya dalam dunia keperawatan, Namanya diabadikan sebagai sumpah untuk para perawat baru, yakni Sumpah Nightingale.

Selain itu, ada pula Florence Nightingale Medal, yang merupakan penghargaan Internasional tertinggi yang diberikan kepada seorang perawat.

Hari Perawat Internasional tahunan dirayakan di seluruh dunia bertepatan dengan hari ulang tahunnya.

Baca Juga : Labkesda Tangsel Resmi Beroperasi Dengan Fasilitas dan Pelayanan Akurat

Pada peringatan Hari Perawat Internasional 2023 ini, Internasional Council of Nurses (ICN) mengusung tema “Our Nurses, Our Future”. Tema ini dipilih untuk mengkampanyekan harapan besar untuk dunia keperawatan di masa depan.

Sehingga, ICN berharap perawat di masa depan mampu mengatasi tantangan dan meningkatkan kesehatan global.

Masa pandemi yang telah dilalui sebelumnya, harus dijadikan pelajaran dalam mengambil langkah dan tindakan di masa depan.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini