Beranda Ragam Cara Atasi Gangguan Bipolar Pada Anak, Nomor 6 Harus Dilakukan

Cara Atasi Gangguan Bipolar Pada Anak, Nomor 6 Harus Dilakukan

327
0
bipolar pada anak
foto ilustrasi (siarnitas.id) Cara Atasi Gangguan Bipolar Pada Anak, Nomor 6 Harus Dilakukan

siarnitas.id – Semakin bertumbuhnya anak menjadi dewasa, rasa ingin tahunya semakin besar. Tetapi anak-anak belum bisa mengontrol diri dengan baik. Itulah alasan kenapa anak-anak pasti sering bikin masalah.

Kenakalan anak pada tahap ini masih tergolong wajar, pada kebanyakan kasus ini bukan pertanda dari masalah kejiwaan Namun, jika suasana hati anak sangat mudah dan cepat berubah, Anda patut curiga.

Sementara itu, perubahan suasana hati ekstrem kemungkinan menandakan anak-anak memiliki gangguan bipolar. Diketahui, gangguan bipolar pada anak memiliki gejala yang khas, yaitu perubahan suasana hati dari depresi ke menia yang terjadi sangat cepat.

Baca Juga : Gangguan Bipolar Terjadi Pada Anak? Ini Penyebabnya.

Lantas, bagaimana cara atasi gangguan bipolar pada anak?. Dilansir dari kumparan.com cara atasi gangguan bipolar pada anak-anak.

1. Mengikuti jadwal pengobatan

Mengikuti jadwal pengobatan dengan rutin salah satu cara mengatasi bipolar pada anak. Misalnya, membuat jadwal pengatur waktu, catatan, atau bentuk lainnya. Selain itu, orang tua wajib mengetahui pengobatan atau perawatan yang diperlukan pada anak, seperti terapi atau beberapa perawatan lainnya.

2. Memantau penggunaan obat

Sebagian besar, obat yang digunakan untuk mengatasi gangguan bipolar menyebabkan efek samping berlebih. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua untuk memantau dalam penggunaan pbat tersebut dan konsultasi dengan dokter tentang kiat-kiat efek samping yang dialami pada anak.

3. Berkomunikasi dengan guru

Orang tua disarankan membuat keputusan dengan guru atau kepala sekolah agar gejala bipolar yang dialami anak-anak bisa stabil. Sebab, dalam beberapa kasus, anak dengan gangguan tersebut mungkin memerlukan perhatian khusus di sekolah.

4. Menjaga rutinitas anak

Menjaga rutinitas harian anak dengan gangguan bipolar juga penting dilakukan. Dengan cara tersebut, pikiran dan suasana hati anak bisa menjadi stabil.

5. Lakukan terapi

Anak dengan gangguan bipolar perlu diberikan terapi khusus atau pendampingan untuk mengenali dan cara mengatasi gangguan bipolar pada anak. Dukungan keluarga sangat penting dalam membantu proses pemulihan anak.

Baca Juga : Begini Ciri-Ciri Orang Suka Nonton Video Wik..Wik.., Kamu Termasuk?

6. Perhatikan perilaku anak

Tak jarang orang dengan gangguan bipolar ingin menyakiti dirinya sendiri, termasuk pada anak-anak. Bahkan, akibat fatal yang bisa terjadi adalah bunuh diri. Oleh sebab itu, cobalah untuk sering memperhatikan perilaku anak atau ucapan-ucapan yang beberapa waktu terakhir sering dikatakan. (bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini