Beranda Ragam Begini Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot

Begini Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot

383
0

 

Siarnitas.id – Komputer/Laptop bisa dikatakan sebagai perangkat elektronik yang unik dan istimewa. Pasalnya secara sistem berbeda dengan perangkat lain seperti televisi, handphone, dan radio. Jadi tentu saja langkah perawatan komputer/laptop tidak sama dengan perangkat-perangkat lain nya, walaupun dibeberapa bagian ada yang sama.

Menggunakan komputer/laptop rutin setiap hari akan membutuhkan kesadaran bahwa anda perlu merawatnya agar awet dan tidak mudah rusak. Mungkin selama ini anda tahu cara merawat komputer/laptop dengan baik tetapi belum maksimal.

Merawat komputer/laptop tak hanya melulu mengenai merawat perangkat kerasnya saja seperti merawat mesin, merawat motherboard, LCD, maupun keyboardnya, namun juga perlu diperhatikan juga cara merawat software atau perangkat lunak di dalam komputer/laptop itu sendiri.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi komputer/laptop supaya tidak lemot?. Kami akan memberikan ulasan bagaimana cara mengatasi komputer/laptop supaya tidak lemot.

1. Menstabilkan aliran listrik.
Cara merawat komputer/laptop dengan memperhatikan daya aliran listrik juga perlu anda ketahui loh, guys. Anda disarankan menggunakan stavolt atau UPS (Uninterruptible Power Supply) saat menggunakan komputer/laptop.

Keduanya sangat penting untuk dapat menstabilkan aliran listrik di dalam komputermu, guys.

Menjaga aliran listrik ini merupakan salah satu cara untuk merawat komputer/laptop anda dari sisi luar atau hardware.

2. Hapus file yang tidak perlu atau yang tidak gunakan.
File yang menumpuk akan mempengaruhi kinerja komputer/laptop menjadi sangat lambat dan tidak optimal untuk bekerja.

Maka yang perlu anda lakukan adalah juga membersihkan Recycle Bin dari file-file yang sudah tidak anda butuhkan kembali.

3. Scan menggunakan Antivirus
Sistem komputer/laptop kita merupakan sistem yang mudah sekali terserang virus. Jika anda merasa dengan menginstall 1 antivirus saja sudah cukup, sebaiknya anda pikir kembali ya.

Selalu update antivirus di dalam komputer/laptop anda supaya makin optimal bekerja dalam mengamankan komputer/laptop anda dari serangan virus, malware, spyware atau program berbahaya yang lain.

4. Defragment Hardisk
Defragment ini fungsinya untuk mengakses file dengan lebih cepat dengan cara memproses penulisan ulang data atau file yang terpisah menjadi satu bagian yang utuh.

Defragment ini dapat dilakukan secara terjadwal di Windows 7 dan Windows yang diproduksi setelahnya.

Caranya adalah sebagai berikut :
– Buka menu Start
– Klik All Programs
– Pilih Accessories
– Pilih System Tools
– Klik Disk Defragmenter

Anda dapat melakukan proses defragment jika tingkat defragmentasinya lebih dari 10%. Jika kurang dari 10%, kamu dapat melakukannya di lain waktu.

5. Hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan.
Langkah selanjutnya yang merupakan salah satu cara merawat komputer/laptop yang paling berhasil adalah dengan cara uninstall aplikasi atau program yang sudah tidak anda pakai di dalam komputermu.

Cara menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan, yaitu dengan cara :
– Buka Control Panel
– Pilih Programs
– Klik uninstal programs
– Pilih program atau aplikasi yang menurut anda sudah tidak diperlukan lagi.

Mudah bukan?. Mungkin sampai disini saja pembahasan mengenai bagaimana cara merawat komputer/laptop supaya bisa tahan lama dan awet. (Bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini