Beranda Eksekutif Aplikasi PeduliLindungi Berubah Jadi SatuSehat

Aplikasi PeduliLindungi Berubah Jadi SatuSehat

268
0
SatuSehat
Foto: aplikasi SatuSehat

siarnitas.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) telah resmi mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi aplikasi SatuSehat. Pergantian aplikasi ini dimulai berlaku sejak 1 Maret 2023 kemarin.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengatakan, aplikasi SatuSehat ini dapat mempersingkat pelaporan kesehatan yang dilakukan tenaga kesehatan. Dari semula pelaporan kesehatan melalui 400 aplikasi, kini menjadi 8 aplikasi.

Baca Juga : Dinkes Tangsel Optimis Angka Stunting Turun Capai 7 Persen di Tahun 2023

“Jadi di Puskesmas yang tadinya bikin laporan mengisi aplikasi segala macam itu semuanya ada 400 aplikasi, nanti dengan SatuSehat itu akan menjadi 8 aplikasi,” kata Dante, Kamis (23/2/2023).

Perlu diketahui, aplikasi SatuSehat ini merupakan salah satu cara Kemenkes mengintegrasikan data rekam medis pasien di fasilitas kesehatan ke dalam satu platform Indonesia Health Services (IHS).

Sehingga, aplikasi SatuSehat ini merupakan perwujudan dari pilar keenam transformasi sistem kesehatan yaitu transformasi teknologi kesehatan.

Kemenkes mengungkapkan cara mengupdate PeduliLindungi menjadi SatuSehat. Caranya cukup mudah. Simak ulasan berikut ini:

SatuSehat
Flyer Kemenkes tentang pergantian aplikasi PeduliLindungi berubah jadi SatuSehat

Update Aplikasi

Aplikasi PeduliLindungi akan terupdate secara otomatis ke SatuSehat Mobile. Bila belum terupdate, Anda bisa melakukan update manual dengan cara:

1. Buka Play Store atau App Store

2. Cari SatuSehat Mobile

3. Klik Tombol Update

4. Buka SatuSehat Mobile

Beri Persetujuan

Bila sudah membuka apliksi SatuSehat, pengguna perlu mencentang ‘Syarat Penggunaan’ untuk persetujuan untuk mengakses SatuSehat Mobile.

Login Aplikasi

Setelah melewati tahap centang ‘Syarat Penggunaan’, pengguna bisa melakukan login. Caranya, memasukkan nomor telepon atau email yang sudah terdaftar di aplikasi PeduliLindungi. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, pengguna bisa memanfaatkan SatuSehat.

Manfaat SatuSehat

Kemenkes menjelaskan, SatuSehat bisa digunakan untuk check in di ruang publik. Selain itu, SatuSehat bisa dimanfaatkan untuk melihat sertifikat vaksin Covid-19, hasil tes antigen atau PCR.

Baca Juga : Dinkop UKM Tangsel Gelar Fasilitasi Penjualan Produk UMKM dengan Sertifikasi Halal

Dalam waktu dekat, SatuSehat akan memiliki sejumlah fitur baru. Di antaranya, Vaksin Dewasa dan Imunisasi Anak, Resume Medis Elektronik, Hasil Tes Lab, dan Diari Kesehatan.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini