Beranda Eksekutif Tahun 2025, Dinkes Targetkan Tangsel Jadi Kota Sehat Tingkat Nasional

Tahun 2025, Dinkes Targetkan Tangsel Jadi Kota Sehat Tingkat Nasional

113
0
Kota Sehat Tangsel
Foto: Kepala Dinkes Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar

siarnitas.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menargetkan pada tahun 2025 Kota Tangsel menjadi Kota Sehat tingkat Nasional.

Kepala Dinkes Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, pihaknya mengharapkan pada tahun 2024 ini, Kota Tangsel bisa lolos di tingkat Provinsi verifikasi Kota Sehat.

“Tahun ini kita akan mengajukan juga verifikasi untuk Kota Sehat di tingkat Provinsi,” kata Allin kepada redaksi siarnitas.id di Puspemkot Tangsel pada Selasa (27/2/2024).

Menurutnya, adanya lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) itu menjadi indikator verifikasi Kota Sehat.

Baca Juga : Dinkes Tangsel Sosialisasikan Lima Pilar STBM

“Jadi lima pilar STBM harus terpenuhi, selain kriteria yang lain di dalam indikator Kota Sehat,” jelasnya.

“Kemudian di tahun 2025 kita mengharapkan lolos verifikasi Kota Sehat tingkat Provinsi dan bisa maju di tingkat Nasional,” sambungnya.

Maka dari itu, Dinkes Tangsel saat ini telah mendapatkan penghargaan tingkat Pustara verifikasi Kota Sehat. Sehingga untuk tahun selanjutnya, bisa mendapatkan kembali penghargaan tersebut.

“Selama ini kita sudah mendapat predikat Kota Sehat tingkat Pustara dan berharap di 2025 nanti kita bisa mendapatkan kembali predikat Kota Sehat tingkat Pustara,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Ruang Lengkong, Puspemkot Tangsel pada Selasa (27/2/2024).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichan dan puluhan kader-kader posyandu serta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tangsel.

Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichan mengatakan, kegiatan STBM ini untuk meningkatkan kualitas di masyarakat.

Menurut Pilar, sebanyak lima pilar STBM yang disosialisasikan, dimulai dari sanitasi hingga cuci tangan dengan sabun.

“Saya rasa kalau Tangsel mudah-mudahan masyarakat kita sudah cukup teredukasi, Alhamdulillah kita STBM ini sudah tingkat Pratama dan mudah-mudahan sampai ke tingkat Paripurna dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” kata Pilar kepada redaksi siarnitas.id di lokasi.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini