Survei LP3ES: 4 Sektor Kinerja Pemerintahan Menurun

Siarnitas.id – Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) dalam survei terbarunya pada 8-15 April 2021 merekam persepsi publik terkait kepuasan kinerja lembaga pemerintahan, yang meliputi kinerja parpol, DPR, dan DPRD.

Hasilnya, persepsi masyarakat menilai rendah kinerja pemerintahan.

“Kinerja Sektor pemerintahan yang mendapat penilaian terendah yaitu Peningkatan kehidupan Ekonomi (51,1%), Penindakan Pelanggar HAM (54%), Pemberantasan Korupsi (55,1%), Kebebasan Berpendapat (59,2%),” Kata Erwan dalam hasil riilis kesimpulan LP3ES.

Penilaian terhadap Kebebasan Berpendapat juga terkonfirmasi dengan persepsi terhadap ancaman kebebasan sipil.

“Dimana 52,1% responden menyebutkan bahwa sekarang ini semakin takut untuk menyatakan pendapat, berekspresi, berkumpul dan berserikat,” ujar Erwan.

Dalam penelitian persepsi publik Erwan Halil melibatkan setidaknya 1.200 responden, terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih (penduduk usia dewasa) yang tercatat pada Pemilu 2019. Sampel ditentukan dengan acak bertingkat (Multistage random sampling). Margin of error: +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%. Pengumpulan data dilakukan pada 8-15 April 2021, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur.

Survei ini memiliki keterbatasan karena mewakili pemilih Kota Besar secara nasional, sampel kurang dapat menggambarkan masing-masing kota. (Fik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here