Sering Pakai Headset? Ini Dampak Buruknya yang Bisa Terjadi!

Sumber: pinterest.com

Mendengarkan musik sambil menggunakan headset adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Bukan hanya suaranya yang terdengar lebih jernih saat digunakan, namun juga tidak mengganggu ketenangan orang sekitar dengan kegiatan yang kita lakukan. Saking serunya mendengarkan musik pakai headset, kerap kali kita tidak sadar ada bahaya buruk yang mengintai kesehatan, misalnya bisa mempengaruhi indera pendengaran. Ini tentunya sangat berbahaya sekali bagi kesehatan kita.

Maka dari itu, pakailah headset dengan bijak, yaitu jangan menggunakan volume terlalu keras dan kurangi durasi penggunaanya. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka sejumlah dampak buruk ini akan mengintai kamu!

1. Telinga Gampang Terinfeksi

Sumber: pinterest.com

Penggunaan headset yang terlalu sering bisa bikin telingamu gampang terinfeksi. Sebab headset adalah salah satu alat yang punya kandungan kuman sangat tinggi. Biasanya headset ditaruh ditempat terbuka, tidak digunakan perlindungan dan jarang dibersihkan, seperti dicuci. Saat menggunakan headset dalam jangka waktu yang lama, bakteri dan kuman bakal bebas masuk ke tubuhmu. Jika kamu memang ingin menggunakan headset, sebaiknya kurangi durasi penggunaannya dan rutin bersihkan headset supaya telinga tidak gampang terinfeksi.

2. Timbul Jerawat pada Wajah

Sumber: pinterest.com

Lho, pakai headset bisa menimbulkan jerawat pada wajah? Dilansir oleh teenvouge.com, Dr Debra Luftman, seorang ahli kulit mengatakan jika terlalu sering memakai headset bisa menimbulkan jerawat serta infeksi di kulit muka. Apalagi kalau kamu berolahraga sambil menggunakan headset, keringatmu akan berkumpul pada headset yang penuh kuman.

3. Memicu Kerusakan Otak

Sumber: pinterest.com

Headset menghasilkan gelombang elektromagnetik yang punya dampak buruk buat kesehatan manusia, yaitu bisa mengakibatkan kerusakan pada kinerja otak. Kok bisa? Pasalnya, gelombang ini dapat memicu radiasi yang membuat otak rusak. Infeksi telinga yang diakibatkan oleh penggunaan headset terlalu sering juga ternyata berpengaruh pada otak. Gejala yang sering dirasakan adalah kepala terasa pusing sehabis menggunakan headset.

4. Resiko Kecelakan yang Makin Tinggi

Sumber: pinterest.com

Ada beberapa orang yang suka menggunakan headset untuk mendengarkan musik saat berkendara atau berjalan di tempat ramai. Padahal hal ini sangat berbahaya buat keselamatan diri kamu, lho. Karena mendengarkan musik pakai headset bakal bikin konsentrasi kamu dalam menyetir terganggu, ini tentu dapat memicu terjadinya resiko kecelakaan.

Tak hanya itu, saat pakai earphone sambil berjalan di tempat ramai juga bisa meningkatkan resiko kecelakaan, apalagi ketika menyebrangi jalan. Pendengaran kamu jadi berkurang karena suara lagu yang keras di smartphone Samsung A12 milikmu. So, sebaiknya hindari menggunakan headset ketika lagi berkendara dan berjalan, ya!

5. Pendengaran Terganggu

Sumber: pinterest.com

Pendengaran bisa berkurang jika kamu terlalu sering menggunakan headset, bahkan bisa bikin kamu kehilangan pendengaran secara permanen. Ini terjadi sebab suara yang didengar terlalu tinggi dan pakai earphone dalam durasi yang lama, sehingga bikin kerusakan di penjalaran pendengaran koklea telinga, yakni merusak sel rambut pada koklea.

Gangguan tersebut terjadi oleh sejumlah faktor, seperti frekuensi dan volume lagu yang diputar serta lamanya paparan suara bising di telinga. Kalau kamu tidak ingin hal ini terjadi, mulai sekarang kurangilah penggunaan earphone terlalu sering dan pastikan tidak menyetel lagu di gadget Samsung A10s dengan volume terlalu keras demi menjaga kesehatan telingamu.

Demikian lima dampak buruk yang bisa terjadi jika terlalu sering menggunakan headset bagi kesehatan dan keselamatan diri. Mulai sekarang gunakanlah headset dengan bijak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here