Beranda Eksekutif Musim Pancaroba, Walikota Tangsel Instruksikan Untuk Selalu Siap Siaga Antisipasi Bencana

Musim Pancaroba, Walikota Tangsel Instruksikan Untuk Selalu Siap Siaga Antisipasi Bencana

108
0
Musim Pancaroba
Foto: ilustrasi banjir

Tangerang Selatan, siarnitas.id – Musim Pancaroba, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie mengintruksikan untuk selalu siap siaga dalam mengantisipasi bencana.

Hal itu lantaran adanya dampak pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim hujan yang terjadi saat ini.

Dirinya mengingatkan kepada seluruh jajaran aparat hingga tingkat kewilayahan seperti RT dan RW untuk selalu siap mengantisipasi terjadinya bencana dampak pancaroba tersebut.

“Camat, lurah, dan para pengurus RT/RW, agar bersama-sama mengantisipasinya. Bisa dilakukan kegiatan bersih-bersih saluran air,” kata Benyamin Davnie, ditulis pada Senin (13/11/2023).

Baca Juga : Bandel! Kabel Semerawut Milik Provider Masih Marak di Tangsel, DSDABMBK Tangsel Bakal Potong

Dikatakan Benyamin, potensi bencana saat peralihan dari musim kemarau ke musim hujan di wilayah Tangsel harus diantisipasi sejak dini.

Menurutnya, musim penghujan pada tahun 2023 ini mengalami kemunduran. Hal ini, pernah juga terjadi pada tahun 2019 saat keterlambatan musim hujan.

“Dampak ikutannya adalah banjir besar saat memasuki tahun 2020. Maka itu, seluruh jajaran harus mengantisipasi masalah ini,” ujarnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada dinas terkait agar terus siaga dalam menanggulangi bencana yang datangnya tidak bisa diprediksi.

Maka dari itu, perlu ada koordinasi dan kolaborasi yang baik dalam proses pengurangan risiko bencana di Tangerang Selatan. Karena pada hakikatnya bencana adalah urusan bersama untuk kemanusiaan.

“Jadi, kita harus selalu waspada dan siap sedia. Sebab hanya dengan kesiapsiagaan dan kerja sama yang baik, kita dapat meminimalkan dampak bencana yang mungkin terjadi,” kata Benyamin.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangsel, Sutang mengatakan, BPBD Tangsel telah menggelar pasukan sebagai titik awal kesiapan penanganan bencana.

“Kami gelar pasukan untuk memastikan kekuatan dalam menangani bencana di Tangerang Selatan. Sampai kini, BPBD masih mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino, kemarau panjang, dan kekeringan,” imbuhnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini