Melalui BAZNAS Kabupaten Majalengka, PWI Salurkan Beras Bagi Warga Miskin

Siarnitas.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Majalengka bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Majalengka menyalurkan 200 karung beras berisi 5 kg bagi warga miskin dan anak yatim se-Kabupaten Majalengka.Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dalam rangka Hari Jadi Majalengka tahun 2021 di tengah Pandemi Covid-19.

Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi menuturkan bahwa beras yang diperoleh ini, dari hasil Zakat Fitrah tahun 1442 H warga Kabupaten Majalengka. Sehingga beras ini harus disalurkan kembali kepada yang berhaknya. Masing masing lembaga atau organisasi menyalurkan beras sebanyak 200 karung berisi 5 kg.

“Untuk penyalurannya ini kita bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat, seperti ormas, OKP, LSM, teman-teman Pers yang tergabung dalam PWI Majalengka, serta kelompok masyarakat lainnya,”ujar Karna dalam sambutannya saat menghadiri acara di Pendopo Majalengka, Jumat (4/6/2021).

Dijelaskan Karna, zakat merupakan salah satu konsep penting dalam Islam dan menjadi bagian dari lima rukun Islam. Zakat memainkan peran penting dalam hal keuangan. Membayar zakat berarti seorang muslim telah mengeluarkan kekayaan tambahan.

Hukum zakat sendiri, lanjut dia, wajib tanpa pengecualian bagi setiap umat Islam yang mampu. “Zakat hukumnya fardhu ‘ain oleh seluruh umat muslim yang memiliki harta. Banyak sekali manfaat menunaikan ibadah zakat selain membersihkan harta, hati dan jiwa kita, juga sebagai sarana pengendalian diri dan menghadirkan keadilan sosial bagi masyarakat tidak mampu,”tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here