siarnitas.id – Ketua Umum (Ketum) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari meminta wartawan di Kota Tangerang Selatan agar mengikuti Uji Kompetensi yang akan dilaksanakan oleh Dewan Pers pada Oktober mendatang.

Atal mengatakan, uji kompetensi bagi wartawan penting untuk mengukur kompetensi masing-masing insan pers.

“Dewan Pers memberikan kesempatan kepada PWI Tangsel sebagai penyelenggara, saya berharap semua (wartawan) terutama anggota PWI Tangsel harus ikut uji kompetensi ini. Karena uji kompetensi inilah jadi alat ukur profesional dan kompeten atau tidaknya wartawan,” kata Atal saat berkunjung ke Sekretariat PWI Tangsel di Rawa Mekar Jaya Serpong, Selasa (14/9/2021).

Atal menerangkan, ada tiga hal penting dalam uji kompetensi wartawan tersebut. Pertama, insan pers dapat memahami mengenai etika hukum dan etika pers.

Kedua, kata Atal, dalam uji kompetensi tersebut wartawan akan memahami pengetahuan dalam melakukan peliputan. Ketiga, soal keterampilan menulis berita yang sesuai dengan kode etik berlaku.

“Jadi agenda ini (UKW) sangat penting untuk mengukur sejauh mana kompetensi kita sebagai wartawan sehingga dapat menjadi insan pers yang profesional,” ungkap Ketum PWI Pusat.

Selaras dalam waktu dekat ini, Dewan Pers akan mengadakan uji kompetensi wartawan (UKW) di Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten.

UKW tersebut merupakan salah satu program Dewan Pers pada tahun ini yang akan diselenggarakan di 34 provinsi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini