Beranda Ragam Kebiasaan Buruk Ketika Bangun Tidur, Nomor 2 Kamu Banget Nggak Sih?

Kebiasaan Buruk Ketika Bangun Tidur, Nomor 2 Kamu Banget Nggak Sih?

189
0
Bangun tidur
Ilustrasi bangun tidur

siarnitas.id – Setiap orang pasti memiliki kebiasaan disaat bangun tidur atau ketika beranjak dari kasur, seperti ada yang langsung membuka smartphone atau ada yang langsung mandi.

Namun, menurut penelitian ilmu sains mengatakan, terdapat kebiasaan ketika bangun tidur atau beranjak dari tempat tidur yang harus di hindari. Simak ulasan berikut ini;

Baca Juga : Tips Supaya Bangun Tidur Jadi Berkualitas, Nomor 5 Jarang Dilakukan

1. Menekan tombol snooze

Ketika Anda memasang alarm untuk bangun pagi, lalu alarm berbunyi, tetapi Anda bangun tidur hanya untuk menekan tombol snooze?

Menekan tombol snooze terus menerus memberikan dampak perasaan menjadi pening dan kelelahan. Sebab, otak Anda sudah mulai bangun dan menyadari hal itu, sehingga Anda tidak mendapatkan istirahat yang baik.

Beberapa ahli mengatakan, apabila terus menerus menekan tombol snooze, berarti ada indikator Anda kurang tidur bahkan memiliki gangguan tidur (Sleep Disorder).

Para ahli menyarankan agar menempatkan alarm jauh dari tempat tidur. Supaya, Anda bangun dari kasur untuk berjalan terlebih dahulu untuk menonaktifkan alarm.

2. Langsung mengecek smartphone

Mengecek Smartphone ketika Anda bangun tidur, akan meningkatkan perasaan stress hingga kecemasan. Aktivitas Anda akan terganggu untuk memprioritaskan kegiatan yang harus dilakukan.

Solusinya, Anda harus menunggu tiga puluh menit sampai satu jam sebelum mengakses Smartphone.

3. Gosok gigi setelah sarapan

Gosok gigi setelah sarapan di pagi hari, merupakan kebiasaan yang buruk, apabila Anda menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam, seperti kopi, jeruk, dan roti.

Makanan dan minuman yang mengandung asam dapat melembutkan email gigi, lapisan paling luar pada gigi. Beberapa ahli menyarankan untuk menggosok gigi untuk menunggu satu jam setelah mengonsumsi yang mengandung asam. Jangan lupa untuk minum air yang cukup.

4. Minum kopi

Minum kopi di pagi hari dapat melemahkan efek stimulasi kafein, karena level kortisol sedang meningkat. Kortisol memiliki peran yang sang penting bagi tubuh, misalnya mengurangi peradangan, mengatur tekanan darah dan mengatur siklus bangun tidur.

Baca Juga : Hati-Hati! Terlalu Banyak Tidur Bisa Jadi Gejala Depresi

Para ahli menunjukkan bahwa level kortisol meningkat tajam di antara pukul 8-9 pagi sebagai bentuk mekanisme alami tubuh ketika bangun tidur. Perlu diketahui, level kortisol meningkat juga pukul 10-12 siang dan pukul 2-5 sore. Kalau kamu pencinta kopi, catat ya!

Dengan demikian, itulah beberapa kebiasaan orang ketika beranjak dari tempat tidur, Anda termasuk yang mana?, Semoga bermanfaat ya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini