Jokowi: Runway 3 Bandara Soetta Akan Dioperasikan Secepatnya

Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan landasan pacu atau Runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Jumat (21/6/2019). Presiden didampingi oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin.

“Runway ke tiga Soekarno-Hatta ini sudah selesai 86 persen. Kita harapkan akhir bulan ini sudah 100 persen. Langsung akan dioperasionalkan secepatnya. Mungkin Juli 2019 sudah dioperasionalkan,” kata Jokowi.

Presiden menjelaskan, dengan adanya Runway 3 pergerakan pesawat di Bandara Soetta dapat meningkat menjadi 120 pergerakan per jam.

“Sekarang kita memiliki 81 pergerakan setiap jam. Dengan tambahan runwayke tiga, akan menjadi 120 pergerakan per jam. Tambahannya hampir 50 persen,” ujarnya.

Sehingga lanjut Jokowi, permintaan slot dari maskapai negara lain yang sudah mengantre seperti Qatar, Saudi, India, Singapore, Malaysia, China dapat dipenuhi.

Menurut Jokowi, setelah Runway 3 dapat dioperasionalkan maka tidak ada lagi pesawat yang holding ketika hendak landing di Bandara Soetta.

“Sekarang inilah bisa kita berikan tambahan untuk bisa masuk ke Soekarno-Hatta. Dan kita harapkan juga seperti yang kemarin-kemarin mau turun (landing) muter dulu setengah jam, enggak ada lagi setelah ini (Runway 3) rampung, In sya Allah nggak ada,” tuturnya.

Diketahui, biaya pembangunan Runway dengan ukuran 3.000 x 60 meter ini mencapai Rp 2 triliun, sedangkan biaya pembebasan lahan mencapai Rp 4 triliun dengan total 6 triliun rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here