Hati – Hati, Berikut 6 Hal Sepele Yang Membatalkan Pahala Puasa

Siarnitas.id – Bulan Ramadhan tidak hanya menyoal menahan lapar dan haus saja dari waktu imsak hingga adzan maghrib tiba, melainkan di bulan ini, umat muslim selalu memaknainya sebagai bulan yang penuh kemuliaan.

Tidak jarang di bulan ini umat Islam selalu berlomba-lomba dalam kebaikan dan beritikad mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain menahan makan dan minum, ada 7 hal yang membuat pahala puasamu menjadi sia sia, 6 Perkara ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari yang tanpa disadari, dilansir dari kitab Fathul Bari, Shahih Targhib, An – Nihayah, Al- Mishbahul Munir, dan Shahih Al – Bukhari.

Berikut ringkasannya :

1. Qauluz Zur (Ucapan Dusta) Fathul Bari :4/117 .

Perkara satu ini memang hal yang sepele, berbohong merupakan perilaku yang kerap dilakukan, baik dalam keadaan tertentu maupun dalam waktu tertentu.

2. Mengamalkan qauluz-zur adalah Perbuatan yang merupakan lanjutan dari ucapan dusta. [ Fathul Bari : 4/117 ]

3. Jahl adalah amalan kebodohan [ Fathul Bari : 4/117 ]
Amalan kebodohan disini ialah melakukan tindakan yang sia sia, seperti menonton tayangan dewasa, sengaja tidur hingga Maghrib, dan tindakan lain yang sia sia.

4. Rafats adalah Makna bersetubuh dan terkadang makna “ kata-kata keji dan kotor “ terkadang bermakna “ pembicaraan sorang laki-laki dan perempuan seputar hubungan sex dan banyak dari ulama mengatakan “ yang dimaksud dengan kata rafast dalam hadist ini adalah kata kotor, keji dan jelek “ [ hahih Targhib : 1/481 ], “Wallahu A’lam” .

5. Laghwu adalah ucapan yang tidak punya nilai atau manfa’at [ An-Nihayah :4/257 ] dan mencakup juga amalan yang tidak ada manfaatnya [Kitab Faidhul Qodir : 6228].

Tindakan ini bisa diartikan perilaku bergosip maupun ghibah (menggunjing dan membicarakan orang lain).

6. Shakhab adalah Bersuara keras dan ribut di karenakan pertikaian [ An-Nihayah :3/14 ].

Tindakan ini bisa diartikan saling besar mulut dan tidak mau mengalah satu sama lain dengan nada tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here