Beranda Ragam Emak-emak Demo Tolak Kenaikan BBM di Patung Kuda Jakarta

Emak-emak Demo Tolak Kenaikan BBM di Patung Kuda Jakarta

244
0
tolak kenaikan bbm
ibu-ibu yang tergabung dalam Konsolidasi Perempuan Pejuang Indonesia (KOPPI) melakukan unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM)

siarnitas.id – Tolak kenaikan BBM, ibu-ibu yang tergabung dalam Konsolidasi Perempuan Pejuang Indonesia (KOPPI) melakukan unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Mereka turut menyuarakan kegelisahan soal kebutuhan dapur yang ikut naik akibat adanya pencabutan subsidi BBM. Ibu-ibu tersebut juga membawa kebutuhan logistik seperti makanan dan minuman untuk mahasiswa yang tengah berunjuk rasa.

Baca Juga : PMII Pamulang Demo Tolak BBM, Berujung Kapolres Bagi-Bagi Sembako

“Kami hari ini datang memberi dukungan kepada mahasiswa, kami kasih logistik. Namun tetap kami para ibu-ibu juga menyuarakan tuntutan yaitu BBM jangan sampai naik, harus segera diturunkan lagi,” kata Ita Pakpahan, selaku Koordinator Lapangan KOPPI, seperti dilansir dari Antara.

Ita menegaskan dirinya dan para ibu secara umum di Indonesia keberatan dengan penyesuaian harga BBM.

“Ibu-ibu adalah pengelola ekonomi rumah tangga, jadi kita tahu yang namanya kebutuhan rumah tangga. Kebutuhan sembako aja sudah naik semua seiring dengan BBM naik, ini kumaha atuh?” ujar Ita.

Ita mencontohkan beberapa kebutuhan rumah tangga yang naik seperti telur yang sudah mencapai harga sekitar Rp 30 ribu sekilo, belum lagi minyak goreng dan lainnya. Disaat bersama, penghasilan suaminya tak ikut naik.

“Kami ini ibu-ibu yang tiap hari masak untuk kebutuhan keluarga. Sekarang kalau gaji dari suami itu nggak naik-naik tapi kebutuhan lain naik kita harus gimana? Kami harus mengencangkan ikat pinggang begitu?” tanya Ita.

Ita juga menegaskan jika keadaan terus begini, akan ada penurunan kualitas asupan gizi yang dibutuhkan anak-anak.

“Kalau begini terus gizi akan turun loh, stunting akan meningkat lagi, anak itu gizi nomor satu. Pertumbuhan itu kan 4 sehat 5 sempurna kalau begini bagaimana itu terpenuhi? Bagaimana mau jadi anak yang cerdas bagaimana mau bisa bersaing dengan negara lain? Untuk makan aja enggak bener kita dari gizinya aja kurang,” ucap dia.

Ita menegaskan bahwa para ibu rumah tangga ini akan terus melakukan perjuangan sampai tuntutan mereka didengar terkait penyesuaian harga BBM.

Baca Juga : HMI Cabang Indramayu Demo Tolak BBM Naik, Pagar DPRD Roboh

“Terus, kita akan berjuang sampai BBM turun,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, gelombang protes dari berbagai elemen masyarakat yang menolak kenaikan harga BBM telah berlangsung hampir dua pekan sejak pemerintah mengumumkan penyesuaian harga BBM pada Sabtu (3/9/2022).

Baca berita dan informasi lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini