Beranda Eksekutif Dinas Koperasi dan UKM Tangsel Gelar Pelatihan Koperasi Syariah

Dinas Koperasi dan UKM Tangsel Gelar Pelatihan Koperasi Syariah

120
0
Koperasi syariah
Foto: Walikota Tangsel, Benyamin Davnie bersama Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel serta puluhan peserta koperasi syariah.

siarnitas.id – Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar pelatihan koperasi syariah yang bertajuk “Pelatihan Pengembangan Koperasi Melalui Peningkatan Partisipasi Koperasi Syariah”.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Walikota Tangsel, Benyamin Davnie dan 50 para Koperasi di Tangsel, yang digelar di Gedung Galeri Koperasi dan UKM Kota Tangsel dilaksanakan selama dua hari yakni 21-22 Februari 2024.

Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, koperasi khususnya koperasi syariah itu harus menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi masyarakat Tangerang Selatan.

“Memang sebagian besar didominasi oleh pelaku UKM yang ada di Tangsel, jadi wadahnya koperasi dari sini nanti akan solusi dari persoalan dana kebutuhan modal bagi para pelaku UMKM,” kata Benyamin kepada redaksi siarnitas.id di lokasi.

Menurut Benyamin, anggotanya nanti bukan saja anggota koperasi tetapi juga pelaku UMKM, oleh karena itu dilatih dilakukan pelatihan.

“Pada kesempatan hari ini berbagai macam narasumber, termasuk dari Kementerian juga akan kita undang. Mudah-mudahan ini akan menjadi momentum batu loncatan pertama,” jelasnya.

“Kemudian juga nanti akan dilakukan pelatihan-pelatihan berikutnya untuk pengembangan ekonomi kreatif di Tangsel,” tambahnya.

Dari kegiatan tersebut, Benyamin berharap ekonomi koperasi syariah menjadi kekuatan bagi UMKM di Tangsel.

“Saya berharap ekonomi koperasi syariah akan tumbuh menjadi sebuah kekuatan yang besar di Kota Tangsel dalam pembiayaan ekonomi kreatif,” imbuhnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel, Bachtiar Priyambodo mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari fungsi di dinas koperasi.

“Kegiatan ini untuk melakukan pendidikan dan pelatihan untuk insan-insan koperasi itu salah satu program di Dinas Koperasi dan UKM,” katanya kepada redaksi siarnitas.id dilokasi.

Dirinya membeberkan untuk pelatihannya terkait koperasi syariah bahwa pihaknya ingin berbagai macam alternatif pengembangan ekonomi di Tangsel.

“Termasuk syariah harus kita lakukan juga dan hari kedua nya nanti peserta atau koperasi ini akan dilatih untuk penyusunan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“Dilaksanakan 2 hari jadi diharapkan dengan pelatihan RAT ini dari koperasi yang aktif akan meningkat jumlah koperasi yang RAT,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini