Beranda Ragam Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan Tema “Strategi Membangun Personal Branding Melalui...

Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan Tema “Strategi Membangun Personal Branding Melalui Sosial Media”

400
0

Solo, 24 Agustus 2022 – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menyelenggarakan kegiatan Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan tema “Strategi Membangun Personal Branding Melalui Sosial Media” bagi para guru dan pelajar di Jawa Tengah.

Webinar yang dimoderatori oleh Wahyu Rintoko Aji telah berlangsung pada hari Rabu, 24 Agustus 2022 secara online yang diikuti oleh SMA N 1 Jekulo Kudus, MAN 1 Rembang, SMP N 1 Sluke, SMP N 1 Surakarta, SMP N 2 Surakarta, SMP N 3 Surakarta, SMP N 5 Surakarta, SMP N 6 Surakarta, SMP N 7 Surakarta.

Jika dilihat dari data We are Social Hootsuite (2022), per Februari, di Indonesia terdapat 204,7 juta pengguna internet yang setara dengan 73,7% dari populasi penduduk Indonesia. Angka tersebut meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya. Meskipun Indonesia termasuk empat besar negara pengguna internet terbesar di dunia, Survei Badan Pusat Statistik tahun 2018 mengungkapkan bahwa keahlian berinternet masyarakat Indonesia memiliki skor paling rendah.

Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar ini dalam upaya mengedukasi masyarakat terkait pentingnya memanfaatkan internet secara wajar dan menghindari hal-hal yang membahayakan atau merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan membuka acara ini dengan memberi sambutan terkait pesatnya perkembangan digital di Indonesia yang perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni. Perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat sebagai pengguna media sosial untuk lebih produktif dalam memanfaatkan internet demi mewujudkan Indonesia makin cakap digital.

Pentingnya membentuk personal branding di media sosial

Narasumber pertama, Astri Andriani selaku Media & Campaign Director NXG Indonesia memberikan pemaparan bahwa masyarakat digital perlu membangun personal branding yang positif di media sosial. Personal branding yang positif memberikan banyak manfaat karena dapat memperluas koneksi, mengembangkan kepercayaan, membangun kredibilitas, sebagai media promosi diri. Membangun dan mempertahankan personal branding dapat dilakukan dengan membuat konten sesuai style kita, memilih media yang tepat untuk melakukan personal branding, konsisten dalam berkarya, menonjolkan keunikan dari setiap karya yang dibuat, mengoptimalkan fitur media sosial untuk hal positif. Beliau menyampaikan bahwa untuk memunculkan ide kreatif dengan memperbanyak pencarian literatur atau referensi dan mengeksplor google trend untuk tetap up-to-date.

Pembahasan lebih lanjut terkait pengoptimalan personal branding turut dipaparkan oleh narasumber kedua, Desty Dwiyanasari selaku Founder Duaide.com. Beliau menyampaikan bahwa pembentukan persepsi masyarakat terhadap individu dilihat dari aspek kepribadian, kemampuan, nilai positif yang dimunculkan oleh individu. Personal branding atau brand awareness menjadi investasi jangka panjang bagi sebuah bisnis maupun personal sehingga sangat penting dilakukan. Melalui personal branding, masyarakat familiar (tidak asing) dengan segala hal terkait brand tersebut. Strategi membangun personal branding melalui pembuatan konten inspiratif, edukatif, unik, kekinian, konseptual dan bernilai tutorial (menunjukkan cara-cara menyelesaikan masalah).

Selanjutnya pemaparan materi dari Nia Nurdiansyah seorang Blogger dan Content Creator melengkapi materi kedua narasumber sebelumnya dengan topik “Personal Branding di Media Sosial & Internet”. Beliau membahas terkait strategi meningkatkan personal branding di dunia digital. Personal branding berbeda dengan pencitraan karena dalam proses pembentukannya diperlukan rekayasa diri dan memunculkan nilai yang positif, bukan sekedar ingin show off ataupun memanipulasi banyak orang. Personal branding penting dilakukan karena publikasi diri dapat membangun reputasi diri. Beliau menyampaikan bahwa competency, connectivity, creativity merupakan hal penting dalam membangun personal branding.

Acara ditutup dengan konklusi untuk membangun dan mempertahankan personal branding diperlukan konsistensi dan kreativitas atas konten yang dihasilkan.

Dukungan positif masyarakat menjadikan Kemenkominfo terus memberikan edukasi melalui program Indonesia Makin Cakap Digital yang berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan lainnya dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dan channel Youtube Siberkreasi. (Ris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini