siarnitas.id – Berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan 1446 Hijriah, Gramedia bersama Dompet Dhuafa menggelar kegiatan buka bersama dengan 30 anak yatim serta menyerahkan Qur’an hasil dari donasi pelanggan Gramedia.
Kegiatan tersebut menjadi bagian dari kolaborasi Gramedia, Dompet Dhuafa dan Al Qosbah dalam meningkatkan literasi keagamaan. Kegiatan ini berlangsung di Gramedia World BSD, pada Kamis (27/3/2025).
Regional Manager D Gramedia, Elizabeth Driemirda mengatakan, total donasi yang terkumpul dari pelanggan Gramedia yakni sebesar Rp 744 juta selama periode 10 Februari hingga 23 Maret 2025.
Dana tersebut telah digunakan untuk pengadaan 18.703 mushaf Quran, yang nantinya akan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia.
Kolaborasi dengan Dompet Dhuafa dalam program ini sejalan dengan visi Gramedia sebagai lebih dari sekadar penyedia buku dan alat tulis, tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang berdampak positif bagi komunitas.
Lalu, untuk dedikasi Gramedia dalam mendukung pendidikan dan literasi, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan akses lebih baik terhadap sumber belajar.
“Ini adalah kolaborasi pertama Gramedia dan Dompet Dhuafa, inisiatif ini datang dari komitmen antara Gramedia dan Dompet Dhuafa yang beririsan,” katanya usai kegiatan tersebut dilokasi.
Selain penyerahan donasi, acara ini juga menjadi momen kebersamaan bagi 30 anak yatim yang diundang untuk mengikuti berbagai kegiatan interaktif. Mulai dari menikmati sesi hiburan berupa dongeng dan berbagi ilmu, berbelanja kebutuhan pendidikan di Gramedia World BSD, serta berbuka puasa bersama.
Tidak hanya itu, anak-anak juga berkesempatan menikmati berbagai wahana permainan yang telah disediakan untuk menambah keceriaan suasana.
Sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan anak-anak yatim, setiap peserta menerima voucher belanja dengan total senilai Rp 12 juta untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mereka. Selain itu, mereka juga mendapatkan santunan sebesar Rp 6 juta.
“Kami bersama-sama ingin menebar kebaikan terkhusus di bulan Ramadan. Maka dari itu, dengan program ini, harapannya dapat menjadi awal pula perjalanan kolaborasi baik antara Gramedia dan Dompet Dhuafa,” imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Ramadan Dompet Dhuafa, Andriansyah mengatakan, kegiatan dengan Gramedia ini ada dua, yang pertama wakaf sedekah quran yang terkumpul itu sebanyak Rp 700 juta rupiah.
“Ini sebenarnya kita dari Dompet Dhuafa juga agak kaget ternyata antusiasme masyarakat untuk berdonasi di sedekah quran ini sangat luar biasa dan ini kan hitungannya cuma kurang dari satu bulan,” katanya dilokasi.
Yang kedua, berbagi kebahagiaan belanja bareng yatim bersama dengan Gramedia, anak-anak bisa pilih sendiri barang apa yang mereka ingin beli dan mereka juga bebas berkreasi.
“Itu hal yang mewah bagi mereka yang kadang-kadang mereka kan sehari hari cuma di rumahkan atau cuma di asrama kan jadi kayak gini ya itung-itung wisata tapi wisata literasi gitu,” jelasnya.
“Di bulan Ramadan, Dompet Dhuafa secara rutin memberikan santunan kepada anak Yatim, dan tahun ini kami bekerja sama dengan Gramedia. Harapannya kebaikan yang kami berikan bisa lebih meluas dirasakan oleh semua kalangan,” pungkasnya.
Diketahui, kolaborasi Gramedia dengan Dompet Dhuafa dalam program donasi ini merupakan bentuk dari komitmen bersama untuk terus mendukung kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan.
Dengan adanya inisiatif seperti ini, diharapkan semakin banyak pihak yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam menciptakan dampak positif yang lebih luas.
Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News