Warga Diminta Tenang, Airin Minta Jajarannya Sosialisasi Corona ke Masyarakat

0

Tangsel – Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany meminta kepada Camat, Lurah, Kominfo untuk melakukan sosialsasi terkait virus corona kepada masyarakat Tangsel. “Kita sebagai pemerintah tidak boleh panik, tunjukan dan kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat akan virus tersebut, sehingga masyarakat pun tenang tanpa harus timbul kepanikan yang berlebih,”ungkap Airin saat rapat lintas sektoral di puspemkot Tangsel, Kamis (5/3).

Airin mengimbau bahwa masyarakat diharap tenang. “Biarkan kami pemerintah melakukan penanganannya. Karena ada berbagai upaya yang akan kami lakukan dalam rangka pencegahan penyebaran virus ini,” kata dia.

Sementara Plt Kadinkes Tangsel Deden Deny menjelaskan bahwa dinkes sudah melakukan pengamatan terhadap warga Tangsel. Dimana ada beberapa orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Seperti Malaysia dan China

“Kami amati, lalu pantau. Kemudian setelah melewati masa inkubasi tidak terlihat bahwa mereka memiliki gejala virus Corona,” ujar Deni dalam rapat tersebut.

Hal itu, kata dia sudah dilakukan sejak Virus Corona mulai hangat diperbincangkan pada awal tahun atau Bulan Januari. Begitupun di Bulan Februari dan Maret dimana, saat ini pemantauan terus dilakukan.

Untuk pencegahannya sendiri, Pemerintah Kota Tangsel membuat surat edaran yang disebarkan kepada seluruh puskesmas yang ada agar ikut berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran Virus Corona.

Sementara Kasubdit PIE Ditjen P2P Kemenkes RI, Endang Budi Hastuti, menjelaskan, bahwa peran pemerintah daerah adalah menenangkan masyarakat. Dimana saat ini yang membuat warga khawatir adalah informasi yang tidak berdasar.

Dia menambahkan bahwa pemerintah harus menyampaikan informasi yang benar. Mengarahkan masyarakat untuk tidak panik dengan virus ini. “Kemudian memastikan bahwa masyarakat tidak perlu percaya dengan informasi hoax,” kata Endang.

Dia juga menyampaikan identifikasi dari virus ini sehingga bisa diteruskan oleh pemerintah kepada masyarakat. Kemudian mereka bisa menerima informasi dari pihak yang terpercaya. (ris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini