Dosen Komunikasi Bena Rangkuti Ulas Alasan Dibalik Reshuffle Kabinet

0

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju menimbulkan beragam komentar di media sosial terutama terkait penunjukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diisi oleh Sandiaga Salahudin Uno, sehingga muncul tagar #kembalikansumbangankampanyepilpres di media sosial.

Menyikapi hal tersebut, Dosen Fakultas Komunikasi Universitas Mercu Buana, Sabena Rangkuti, melalui akun youtube @BenaRangkuti melakukan wawancara mendalam kepada Komunikolog Politik Tamil Selvan, Senin (28/12).

Pada wawancara yang diunggah dalam tiga tayangan video, Komunikolog Politik ini menjelaskan alasan pergantian keenam menteri tersebut dari sudut pandang politik dan bagaimana gambaran ekonomi tahun 2021.

“Tidak selamanya menteri itu diganti karena melakukan kesalahan. Dalam hal ini saya kira alasan utama Presiden adalah karena para menteri tersebut tidak memiliki prestasi kinerja yang ekstra, dalam menghadapi masa pandemi covid19 ini,” ujar pengamat yang akrab disapa Kang Tamil ini.

Ketika Bena Rangkuti menanyakan lebih dalam tentang bergabungnya Sandiaga di dalam pemerintahan Jokowi, Kang Tamil mengatakan bahwa ada sisi kinerja dan sisi politik yang dilihat disana, namun menurutnya, secara image politik hal itu justru akan menurunkan elektabilitas Partai Gerindra.

“Dengan masuknya Sandiaga, maka sah sudah bahwa capres dan cawapres rival Jokowi kemarin telah bergabung ke pemerintah. Hal ini akan menimbulkan kekecewaan di tubuh masyarakat pendukung serta kecemburuan sosial dalam tubuh kader Gerindra, karena Prabowo lebih memilih Sandiaga yang merupakan kader muda, dibanding para pekajabat teras Gerindra lainnya. Ini yang perlu dijelaskan oleh Gerindra ke publik untuk menyelamatkan image politiknya,” ujar Ketua Forum White Politic Syndicate ini.

Lebih lanjut Kang Tamil mengatakan bahwa kebijakan Presiden melakukan reshuffle terhadap enam menteri tersebut dinilai tepat dan akan menghadirkan iklim investasi dan iklim usaha yang lebih cerah di tahun 2021.

“Jika kita lihat latar belakang para menteri baru ini, saya kira kebijakan Pak Presiden sudah tepat. Hal ini juga didukung dengan meningkatkan tren di pasar saham, artinya akan ada harapan baru bagi dunia usaha di 2021,” papar Kang Tamil.

Sementara pendapat dan harapan dari tokoh perempuan KNPI Jakarta Selatan Fitria Octarina,SE mengatakan bahwa perombakan 6 menteri kabinet tersebut merupakan langkah cerdas presiden jokowidodo sebagai pemegang hak prerogratif, tentunya langkah tersebut mempunyai harapan agar semua bidang yg akan di tangani para pembantunya tersebut dapat berjalan lebih baik demi masyarakat luas, sebagai perwakilan masyarakat tentu kami mendukung kebijakan presiden dan smoga para menteri baru tersebut dapat menjalankan tugas dengan baik.

Selain itu respon pelaku usaha yang satu ini “Pak Budi” memberikan respon agar menteri baru yg masuk dlm kabinet Jokowi bisa lebih profesional dan Amanah/dapat di percaya dalam menjalankan tugasNya, tuntaskan PR yang harus di selesaikan, perhatikan kepentingan public, ciptakan peluang kepada masyarakat agar smua pelaku usaha dapat menjalankan bisnisnya merasa aman hingga kamipun dapat mendukung roda perekonomian Indonesia di bawah pemerintahan Jokowi.

Lebih lanjut para pembaca sekalian dapat mengakses video wawancara Dosen Komunikasi Sabena Rangkuti dengan Komunikolog Politik Kang Tamil, di Channel Youtube @BenaRangkuti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini